Sabtu

Marlupi Dance Academy

Bentuk Kepribadian dengan Balet

Balet bukan hanya menonjolkan seni semata. Lebih dari itu, tarian ini mempunyai pengaruh positif pada aspek perkembangan anak, baik mental maupun fisik. Di antaranya membentuk tubuh sekaligus kepribadian.

Kelenturan, keselaran, dan kekuatan menjadi elemen penting dalam balet. Sebuah tehnik tarian yang menggabungkan akting dan musik klasik ini memerlukan latihan ekstra bagi calon balerina selain tempat dan guru profesional balet itu sendiri tentunya.

Marlupi Dance Academy (MDA), yang berpusat di Surabaya, adalah tempat belajar balet yang teruji lebih dari 50 tahun. Sejak 2006 silam, MDA menjalin kerjasama dengan Trinity Music yang berada di Rukan Gallery Mediterania Pantai Indah Kapuk.

Kelas balet yang diajarkan MDA adalah balet klasik yang kesulitannya diakui siapapun. Namun, dukungan staf pengajar profesional yang berijazah internasional dari Royal Academy of Dance (RAD), London, hal itu bukan kendala.

Menurut Direktur, Ellyn Sanjaya, kehadiran MDA di sini untuk mempopulerkan balet pada anak-anak dan orang dewasa. Ketekunan dan giat berlatih adalah kunci dasar untuk menjadi balerina handal.

Ia menambahkan, berlatih ballet setiap hari sangat bagus untuk menjaga stamina tubuh. Bahkan, untuk mempertajam kesadaran akan energi dan berlatih menangani emosi dalam kaitan dengan tubuh. Selain itu berlatih tarian yang penuh energi ini juga perlu memaksimalkan apa yang saya sebut 'mata hati' tubuh, yakni di bagian perut, punggung, dan mata.

"Dengan belajar ballet Anda bisa melatih diri agar mampu 'berbicara' akrab dengan raga kita sendiri, itulah kurang-lebihnya filosofi dari ballet itu sendiri,” ungkapnya.

“Suasana belajar balet di MDA, khusus usia 2,5 tahun dibuat sangat fun, seriang mungkin, dan kreatif. Anak-anak juga diajar cara bergaul untuk mengasah kekompakan. Dalam latihan, mereka sering memakai instrumen musik di tangannya sesuai rekomendasi RAD London. Nada tadi akan membuat balet jadi indah dilihat,” jelas Ellyn.

Selain latihan seminggu sekali, MDA juga menggelar kegiatan tahunan seperti ujian balet standar internasional dari Royal Academy of Dance, London, pertunjukan jazz balet, graduation’s day, dan open class, pengujian balet dan jazz dengan instruktur luar negeri.

Lewat program tahunan ini, murid-murid terdorong untuk menjadi balerina profesional. Realisasi itu dilakukan MDA dengan mengirimkan muridnya ikut di ajang balet bergengsi seperti Genee Awards yang diselenggarakan Royal Dance Academy.

Saat ini, mengingat banyaknya peminat balet yang datang mendaftar, MDA menambah kelas baru di hari Jumat. Di samping hari Kamis dan Sabtu yang telah berjalan. MDA membuka kelas balet untuk anak-anak, dewasa dan kelas privat.